SPAM di Blora

Kementerian PU Bangun Instalasi SPAM Senilai Rp 135 Miliar di Blora

Pemerintah pusat memberikan kepercayaan kepada Blora untuk menjadi lokasi pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Dana proyek tersebut tergolong besar, yakni dianggarkan dalam APBN mencapai Rp 135 miliar.”Proyek tersebut ditangani Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dalam hal ini Direktorat Jenderal Cipta Karya,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora, Samgautama Karnajaya, Rabu (7/1).

Proyek SPAM strategis yang pengerjaanya dilaksanakan tahun ini tersebut merupakan proyek dengan nominal anggaran terbesar di Indonesia. Proyek SPAM tersebut akan memanfaatkan air dari Sungai Bengawan Solo yang mengalir di wilayah Kecamatan Cepu. Infrastruktur yang akan dibangun meliputi intake atau bangunan yang berfungsi untuk menangkap air dari badan air (sungai) di Kecamatan Cepu.

Selain itu juga infrastruktur pengolahan air, jaringan pipa transmisi sejauh sekitar 40 kilometer dari Kecamatan Cepu menuju Kecamatan Blora dan sejumlah bagian lainnya. Proyek ini diperkirakan akan berjalan selama 1 Tahun.

(suara merdeka(07/01))