CEGAH COVID-19, BUMD BLORA PASANG FASILITAS CTPS DI PASAR TRADISIONAL

PDAM BLORA. Sebagai wujud kepedulian untuk bersama-sama mencegah persebaran virus Corona atau Covid-19, gabungan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Blora memberikan bantuan fasilitas cuci tangan pakai sabun (CTPS) di sejumlah pasar tradisional.

Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada hari Senin (30/3/2020) kemarin. Yang diawali di Pasar Rakyat Sido Makmur Blora dan berlanjut ke Pasar Rakyat Jepon. Fasilitas CTPS itu berupa tandon air dengan volume 300 liter, wastafel portable, sabun cair, beserta tiang penyangganya.

Yan Riya Pramono, Direktur PDAM Blora, menyampaikan bahwa selain PDAM Tirta Amerta ada juga Bank Jateng, BUMD PT. Blora Patragas Hulu (BPH), PT. Blora Patra Energi (BPE), kemudian BUMD Wira Usaha, PD.BPR Blora, dan PD.BPR BKK.

“Teman-teman BUMD bergabung, bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) dalam pemasangannya di pasar-pasar tradisional. Kemarin baru 6 unit yang dipasang di Pasar Jepon dan Pasar Sido Makmur Blora,” ucap Yan Riya Pramono.

“Kami berharap kegiatan ini bisa bermanfaat untuk mencegah penyebaran virus ini, utamanya di pasar-asar tradisional yang setiap hari banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai wilayah,” lanjut Yan Riya Pramono.

Sementara itu, Direktur PD. BPR Blora, Arief Syamsuhuda sebagai koordinator kegiatan menyampaikan bahwa akan ada tambahan 10 unit lagi yang akan ditempatkan di beberapa Pasar Tradisional di Kecamatan Cepu, Randublatung, Jati, Kunduran, Ngawen, dan Todanan.

“Jadi jumlah nya ada 16. Ini langkah awal kami bersama sebagai BUMD untuk masyarakat dan dengan ini diharapkan sedikit banyak akan mengantisipasi persebaran virus Covid-19. Jika memang kurang, akan kita upayakan ditambah lagi,” ujar Arief Syamsuhuda.

Menurut Areif Syamsuhuda, penyerahan fasilitas CTPS ini dilakukan secara simbolis kepada Bupati Djoko Nugroho pada hari Selasa (31/3/2020) di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blora.

Bupati Djoko Nugroho pun mengucapkan terimakasih kepada BUMD Blora yang sudah peduli dengan kondisi saat ini dengan memberikan bantuan peralatan dan fasilitas CTPS.

“Bagus ini, terimakasih teman-teman BUMD. Tolong Pak Sekda nanti bisa dilanjutkan pemasangannya ke tempat-tempat yang sudah ditentukan,” ucap Bupati.

Terpisah, Kepala Dindagkop UKM Blora, Sarmidi, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pasar Daerah, Warso, mengapresiasi bantuan fasilitas CTPS yang disalurkan oleh gabungan BUMD Kabupaten Blora.

“Kami sangat berterima kasih kepada BUMD Kab Blora atas bantuan fasilitas CTPS nya. Dengan adanya tempat cuci tangan di pasar-pasar ini dapat menghindarkan para pedagang dan pembeli di pasar dari ancaman virus Covid-19. Pasalnya pasar tidak di tutup, ada sisi perekonomian yang harus jalan dan ini merupakan langkah baik dan semoga saja bisa mengantisipasi persebaran virus covid,” terang Warso.

Rudi, salah satu penjual kopi juga mengucapkan terimakasih atas bantuan alat CTPS yang telah dipasang di pasar.

“Pasar ini setiap hari buka dan banyak orang berkunjung dari berbagai wilayah. Sehingga rentan terkena virus. Dengan adanya fasilitas cuci tangan ini maka kami senang, setiap habis bertransaksi bisa langsung cuci tangan sebagai bentuk pencegahan demi keselamatan kami dan para pelanggan. Terimakasih BUMD Blora,” ungkapnya. (Tim Liputan Prokompim Setda Blora)